Senin, 01 Oktober 2012

Minta Hasil Tracert dan Ping IP dinneno.com Dong

Ada beberapa teman yang bilang kalau blog dinneno.com susah sekali untuk diakses, mereka diantaranya Dhenokku, Pili dan beberapa teman yang lain juga pernah mengeluhkan hal yang sama saat mengakses blog ini. Terkadang aku sendiri juga susah mengakses blog ini. Melalui postingan ini, aku meminta tolong kepada teman-teman pengunjung blog ini untuk megirimkan data hasil tracert dan ping dari dinneno.com untuk dilakukan uji laboratorium lebih lanjut. Awalnya sih kecurigaan aku jatuh pada setingan DNS sedikit bermasalah, namun setelah konsultasi dengan Bang Mamat dan beliau meminta mengirimkan data hasil tracert dan ping dari orang-orang yang bermasalah dalam mengakses blog ini. Blog dinneno.com memang masih baru (masih 3 bulan) dan masih banyak yang perlu dibenahi disana sini.

Tracert adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Sedangkan Ping adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). (sumber mata kuliah Jarkom).
Untuk memeriksa rute melalui tracert dan ping sangat mudah, ikuti langkah berikut:
Perintah untuk menampilkan Tracert
1. Buka Run dengan cara tekan tombol Windows+r atau dari Start > Accesoris > Run
2. Ketikkan perintah tracert (spasi) alamat situs, contoh tracert dinneno.com dan tunggu sampai prosesnya selesai.
Perintah untuk menampilkan Ping
1. Buka Run dengan cara tekan tombol Windows+r atau dari Start > Accesoris > Run
2. Ketikkan perintah ping (spasi) alamat situs, contoh ping dinneno.com
Namun pada beberapa kasus kita membutuhkan data tracert dan ping yang bisa digunakan untuk dokumentasi. Hal ini lah yang aku butuhkan dari teman-teman sekalian. Cara unuk memdokumentasi nya pun gampang gak sampe 2 menit kok.
Perintah untuk menyimpan hasil Tracert
1. Buka Run dengan cara tekan tombol Windows+r atau dari Start > Accesoris > Run
2. Ketikkan perintah cmd
3. Setelah command prompt terbuka silahkan ketik perintah tracert (spasi) nama situs (spasi) >lokasi penyimpanan:\tracert.txt
contoh : tracert dinneno.com >D:\tracert.txt
Jangan tutup command prompt sampai tulisan berlingkar merah muncul
Karena pada contoh ini drive yang dipilih adalah drive D maka buka drive D untuk melihat file hasil tracert dengan nama file tracert.txt dari ISP (Internet Service Provider) yang kita gunakan terhadap sebuah situs.
Perintah untuk menyimpan hasil Ping, cara yang digunakan sama seperti pada proses untuk tracert di atas.
Oke begitulah cara untuk melihat hasil ping dan tracert dari ISP (Internet Service Provider) yang kita gunakan terhadap sebuah situs. Dengan ini juga aku meminta bantuan teman-teman semua untuk mengirimkan hasil tracert dan ping terhadap dinneno.com melalui email ke dinafriansyah@gmail.com dan jangan lupa cantumkan ISP apa yang kalian gunakan seperti telkomsel, xl, im2 atau yang lain.
Terima kasih sebelumnya atas kesediaan memberikan data ini untuk pengembangan dinneno.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar