Rabu, 23 Maret 2011

COMPACT DISK

1. Kotak Compact Disc

Seperti kita tahu Kotak CD hanyalah kotak plastik transparan yang mudah sekali rusak menjadi buram atau pecah karena benturan solid. Untuk menekan persentase kerusakan sebaiknya kotak CD jangan dibiarkan terbuka, tambahkan dengan plastik CD yang ada dipasaran. Ditoko plastik pasar tradisional harga plastik CD sangat murah antara Rp.1.500-2.000/lembar. Kalau tidak ada, kita juga bisa memanfaatkan plastik untuk undangan yang ukurannya cukup, dengan harga kurang lebih sama.


2. Piringan Compact Disc

Biasakan menggunakan CD dalam kondisi optimum dengan cara membersihkan piringan sebelum dan sesudah digunakan. Kita bisa menggunakan kain lap pembersih kaca mata. Dan jangan terlalu menekan piringan CD saat membersihkan, karena piringan CD mudah sekali tergores. Bila terdesak kita dapat menggunakan cairan/busa pembersih CD dengan harga antara Rp.10.000-15.000/botol.

Oya, jangan lupa untuk selalu membersihkan CD Player-nya sendiri. Goresan pada CD juga dapat diakibatkan oleh CD Player yang tidak terawat. Dipasaran sudah banyak sekali pembersih CD player dengan harga antara Rp.15.000-20.000.


RITUAL RAWAT ROHANI

1. Copy Compact Disc

Karena hampir setiap hari memutar Audio CD, saya kurang percaya diri untuk menggunakan CD original koleksi saya. Untuk menghindari resiko, setiap kali saya membeli CD original saya kerap melakukan penggandaan Audio CD. Sebenarnya langkah ini jelas ilegal, karena hasil Copy CD itu dapat disalah gunakan untuk kepentingan komersial seperti CD-CD bajakan yang kita temukan di pasar gelap.

Namun karena penggandaan yang saya lakukan bukan untuk kegiatan bisnis dan murni untuk menekan resiko kerusakan koleksi, ya saya merasa wajar saja sebagai kolektor. Yang terpenting adalah tetap hati-hati menggunakan Audio Copy CD diluar rumah, karena bisa saja Copy CD kita itu disalah gunakan orang lain, sehingga kita sudah melanggar tujuan dasar dari penggandaan yang kita lakukan.

Software pengganda CD yang saya biasa gunakan adalah software komersial Nero. Tetapi kita juga dapat menggunakan Shareware pengganda seperti: AVS DVD Copy (download ).

Tata cara Copy CD tidak saya jelaskan disini. Silahkan anda pelajari sendiri dengan sumber-sumber yang ada di internet.


2. Konversi Format MP3

Selain melakukan Copy CD, untuk menghindari resiko kerusakan koleksi, saya juga melakukan konversi format ke MP3. Saat saya menulis tulisan ini, dunia mobile audio bukan lagi zaman walkman (cassette maupun cd). Tetapi sudah memasuki zaman MP3 player yang efektif. MP3 juga merupakan format standar audio yang digunakan saat ini untuk ringtone handphone.

Ini juga termasuk tindakan ilegal seperti layaknya laku Copy CD diatas. Selama ini saya tidak senang menggunakan MP3 bajakan yang beredar dipasar gelap. Selain karena kualitasnya rata-rata buruk, penggunaan MP3 hasil konversi orang lain – bagi saya melanggar tujuan dari pengkonversian itu sendiri. File Audio MP3 yang saya gunakan dalam iPod maupun Handphone semua adalah hasil konversi saya sendiri. Dengan sumber original yang memang saya beli dan miliki. Saya juga tidak bersedia melakukan sharing file MP3 karya konversi saya kepada orang lain.

Software konversi CD ke MP3 yang saya gunakan adalah software komersial Musicmatch Jukebox. Tetapi juga dapat menggunakan Freeware konversi seperti:Free CD to MP3 Converter (download) dan Audio Grabber (download )

Tata cara pengkonversian CD ke MP3 juga tidak saya jelaskan disini. Silahkan anda pelajari sendiri dengan sumber-sumber yang ada di internet.


Peringatan

Pada tulisan Ritual Rawat Rohani saya telah memberi informasi bagaimana memelihara Audio CD koleksi dengan jalan menggandakan dan mengkonversi. Perlu saya ingatkan bahwa informasi tersebut bukan bertujuan mendorong tindak pembajakan. Gunakan hasil Copy CD dan Konversi MP3 yang anda buat secara baik, hat-hati dan bertanggung jawab. Jangan meminjamkan, menyebarluaskan apalagi menjualnya untuk tujuan komersial. Kalau anda memang seorang kolektor sejati, anda akan menghormati dan mencintai karya-karya para seniman yang telah anda kumpulkan.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar